[berita dari portal kemlu]

Seleksi CPNS Kemlu Diikuti 4.678 orang

Menteri Luar Negeri Dr. R.M. Marty M. Natalegawa, Sabtu pagi (4/9), meninjau pelaksanaan ujian seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Luar Negeri  tahun 2010. Menlu menyatakan rasa syukur dan kebahagiaannya melihat besarnya minat para pelamar untuk bergabung dengan Kementerian Luar Negeri. Ujian seleksi diikuti oleh 4.678 peserta untuk mengisi formasi Pejabat Diplomatik dan Konsuler (PDK), Bendaharawan dan Penata Kerumahtanggaan Perwakilan (BPKRT), Petugas Komunikasi (PK), Dokter Umum dan Dokter Gigi. Ujian tertulis dilaksanakan serentak di Hall A Arena Pekan Raya Jakarta,  mulai pukul 09.25, dengan sebelumnya dilakukan pembukaan secara simbolis segel soal ujian oleh Wakil Menteri Luar Negeri Triyono Wibowo.

Ujian ini merupakan tahap kedua dari rangkaian seleksi penerimaan CPNS Kemlu 2010, setelah sebelumnya diadakan seleksi administrasi bagi seluruh berkas pendaftaran yang diterima panitia sebanyak 16.467. Setelah ujian tulis substansi, tahap selanjutnya adalah ujian bahasa asing,  wawancara substansi, pemeriksaan psikologi, dan uji kemampuan penguasaan teknologi informasi.  Dari 16.467 berkas lamaran yang diterima panitia secara on-line, setelah dilakukan seleksi administrasi hanya 6.014 peserta yang memenuhi persyaratan.

Proses seleksi penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri ini telah menerima sertifikat ISO 9001:2008 pada bulan Maret 2009, yang memberikan jaminan atas sistem manajemen mutu yang diterapkan dalam proses seleksi penerimaan CPNS Kemlu. Atas prestasi  yang dicapai, Kemlu telah menerima penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai kementerian/instansi pemerintah pertama yang sistem rekrutmen pegawai memenuhi standar ISO 9001: 2008, yaitu bersih, transparan, dan berdasar kompetensi.

Sejak tahun 2008, proses seleksi penerimaan CPNS Kemlu telah menerapkan sistem registrasi on-line yang dipadu dengan pengiriman berkas lewat pos. Pada tahun 2009, proses rekrutmen ini ditingkatkan dengan sistem e-recruitment, yang membuat para pelamar dapat memantau setiap tahapan proses seleksi dan mengetahui perkembangan terbaru melalui akun email masing-masing. Sistem e-recruitment ini dimaksudkan untuk meningkatkan transparansi dan aksesibilitas.

Untuk tahun ini, Kementerian Luar Negeri membutuhkan 60 orang untuk mengisi formasi PDK, 30 orang BPKRT, 25 orang PK serta masing-masing seorang  dokter umum dan  dokter gigi (Sumber: Dit. Infomed/TY).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s