bukaan cpns kementrian luar negri a.k.a deplu utk tahun 2010!

Terbuktilah informasi mengenai ‘Kalo mau ngelamar CPNS harus sering-sering ngecek website-(Departemen)nya’.. Beberapa hari yang lalu saya bener-bener pure asli mau ninggalin komentar di website Kemlu untuk menanyakan kapan mereka akan membuka lowongan di tahun ini. Eh yang saya liat di barisan kedua hasil pencarian Kang Google malah “Bergabung Bersama Kemlu)”. Maaak!!

Walhasil saya cepat-cepat baca informasinya. Ternyata udah dibuka dari hari Sabtu yang lalu tanggal 7 Agustus, dan akan berakhir pada tanggal 27 Agustus 2010. Yang sedang terbuka untuk diisi posisinya adalah (masing-masing dengan kriteria kelulusan tersendiri):

1. Pejabat Diplomatik dan Konsuler

2. Bendaharawan dan Penata Kerumahtanggan Perwakilani.i

3. Petugas Komunikasi

4. Dokter Umum

5. Dokter Gigi.

Seperti yang telah diantisipasi oleh banyak peminat CPNS, Kemlu mensyaratkan beberapa lampiran lamaran, seperti SKCK (asli), dan Kartu Kuning tanda pencari kerja (kopian), disamping beberapa hal lain tentunya.

Yang menjadikan perbedaan bagi para lulusan luar negri adalah transkrip nilainya harus dibuat menjadi skala 4, serta dokumen transkripnya dilegalisasi oleh pihak Dikti. Hal ini sempat saya konfirmasi langsung pada Direktorat Akademik di gedung Dikti (persis di samping plaza FX, Sudirman – Jakarta). Saya bermain ke lantai 7 gedung cantik Dikti itu dan menanyakan kepada seorang Ibu yang berwenang menjawab permasalahan ini. Beliau mengatakan bahwa Dikti hanya memberikan pelayanan penyetaraan ijazah.

Menurut beliau, masalah pengkonversian nilai dari skala-skala tertentu ke dalam skala 4 (seperti layaknya sistem penilaian di Indonesia) merupakan hal yang harus dimintakan langsung ke kampus yang bersangkutan. Lalu ditambahkan juga bahwa penyetaraan Dikti (yang memang telah saya miliki) sudah mencakup banyak hal (kalimat ini saya artikan, transkrip nilai dan transkrip nilai konversi saya tidak perlu dan tidak usah diminta pelegalisasiannya ke Dikti, karena Lembar Penyetaraan Ijazah telah mengesahkan semua itu).

Jadi begitulah, saya sedang menghubungi kantor akademik kampus saya di Brisbane, dan jawaban mereka; mereka mengira-ngira bahwa nilai saya dalam skala 4 adalah sekian. Mereka belum membalas lagi nih apakah pihak kampus dapat memberikan suatu sertifikat atau statement khusus untuk pengonversian nilai tersebut. Sepertinya hal konversi-mengkonversi merupakan hal yang baru buat mereka.

Okaaaayh.. Selamat mempersiapkan lamaran dan lampiran lamaran di tengah-tengah bulan puasa ini🙂 Caiyo!

3 thoughts on “bukaan cpns kementrian luar negri a.k.a deplu utk tahun 2010!

  1. Mba, mau nanya dong. Jadi mengenai konversi nilai itu jadinya gimana? apakah kampus yang akhirnya mengkonversikan, ataukah hanya menggunakan surat penyetaraan ijazah dari dikti sudah cukup? Ataukah kita sendiri yang mengkonversikannya? Terima Kasih.

    • In my case, krn kampus ga bisa keluarin konversi nilai, maka saya konversi nilai online melalui foreigncredits.com
      Ni lagi tunggu jawaban juga dari CP kemlu apakah berkasnya diterima.

      Pengalaman yg punya bog gimana nih?

  2. duuuh..jawabnya kelamaan ni.. mba karina…akhirnya waktu itu dibuatkan konversinya dari kampus..dikirim via email gitu scan-annya… Pengaaman mba fiyya gmana akhirnya mba..respon dari kemlu gmana..

Leave a Reply

