Di Balik Meja Australia..

dsc06332

Mulai dari Senin, February 16, 2009 lalu, saya resmi merasakan melayani orang (baca: internasional) dari balik meja di sebuah negara bernama Australia. Such an experience yang saya syukuri banget.

Saya ingat pertama kali kaki saya menginjak Griffith Nathan Campus di minggu kedua perkuliahan semester 2/2008, 6 7 Agustus lalu. Melihat pemandangan baru dengan segala tetek-bengek di otak saya bikin saya takut, ga nyaman, bingung, dsb. Saya nanya letak gedung N12 setiap kali saya berjalan 20 langkah dengan bahasa inggris yang lalilulelo. Semua orang yang menjawab saya bener-bener semangat menolong, dan itu ga akan pernah saya lupakan. Perasaan dihargai dan mendapat pertolongan di saat saya helpless, what a feeling. what a help. What a memorable moment.

hey how's it going wakakaaa

Dan semenjak November lalu saya menanti-natikan tanggal 16 Februari kemarin, jadi GI MATES!! Can you imagine that.. Me? Jadi GI MATE? Wuiiih..luar biasa. Saya yang masih ga kenal setiap gedung di kampus, masih terbata-bata berbahasa inggris, tapi miracle happens. God empowers. Saya ditawarin Intl Advisor saya (tempat curhat dan sekali menangis soal dana kuliah, hehe) menjadi kru-nya Intl Office griffith Uni di saat orientasi mahasiswa baru tiba. APA!! Saya mau lah!  Anyway, ada dua arti nih jadi GI Mate  yang berarti Griffith Intl Mates (temen2nya Griffith’s intl students) dan ada juga arti sebenernya, literally; Griffith International Making Arrival and Transition Eeasy for Students.

Saya pernah jadi orang linglung, saya pernah sebel banget karna kampusnya Griffith itu aneh banget bingungin gitu. Dan saya mau banget kalo ada kesempatan untuk bantu orang-orang yang baru dateng di sini feel easier. Jujur ni, soal dibayar emang menggiurkan juga. Tapi soal jadi GI MATE-nya itu loh, ga terkira menyenangkannya.🙂

Minggu lalu 2 hari saya kerja di depan N12, mendistribusikan Enrolment Pack pada mahasiswa internasional yang banyak banget tipe-nya. Ada yang bener-bener baru sehari di Australia, ada yang dah lama kuliah di GELI, ada yang masih 18tahun, adayang dah 30an.. Macem-macem. Dan semuanya itu dah kita pelajarin gimana teknik melayaninya. Seenggaknya dah kita bahas berbagai background para mahasiswa internasional. Di GI MATES training (Tanggal 11nya) kita ngebahas tentang mentoring dsb dari jam 9 sampe jam 3 sore. Haha..belajar melayani cara Australia. Santai, ceria, dan helping with all your heart.

me and amanda

Temen-temen yang ikutan GI MATE juga keliatan banget willing hearted nya, emang tujuan mereka (selain cari duit, hehe) ngebantu mahasiswa baru. Emang keliatannya gampang ngebantu orang. Tapi perjuangan juga sebenernya kan. Salut deh sama mas-mas dan mba2 ituh. Ada beberapa yang emang dah pengalaman di semester2 sebelumnya. Saya banyak belajar dari mereka.

Dua hari di minggu lalu, dan memasuki hari terakhir di minggu ini, fiuuh.. saya akan merindukan kegiatan GI MATE yang membuat saya being an authorithised helper ini.. Menyapa orang yang lalu lalang di depan meja saya dengan senyum dan kalimat “Hello, how are you?”, “Hey, how’s it going?”, “Hi, can I help you?” dsb.. I was in their position..bingung ngeliat tu mba-mba kok pake nyapa2 segala gw cuma lewat, hahaaa..

tent in fron the library, me and tendai  the business  dibalikmeja pov :)    CCM's stall: Imma-Mariam-Sophia-May  our beautiful tent. come and grab a diary, people!

Ah, senangnya.. I’m gona make the most of today. My last day working as a GI MATE!

 

*tunggu cerita-cerita seru lainnya tentang d balik meja australia🙂

One thought on “Di Balik Meja Australia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s