[story ’bout making sandwich]

Hari ini ada lifegroup Daniel X, as usual.. Dan tugas saya membuat sandwich.. Agak terbeban juga sebenarnya, karena ga pernah sekalipun membuat proper sandwich buat orang banyak. Jangankan banyak, buat tiga orang aja ga pernah.. Minggu lalu saya berharapnya dapet tugas bawa satu jenis makanan di hari minggu (untuk lunch abis ibadah di gereja).. Rencananya mau bikin perkedel gitu deh, hehee.. Karena waktu itu pernah saya bawa perkedel dan semua orang pada suka.. Kan jadi semangat.. (semangat memasak yang makin meningkat ketika keberhasilan itu datang, ya kaaan.. :p)

Tapi ternyata Charis mengubah jadwal bulan Oktober ini saya dapet jadwal cuma di hari Jumat, dan dua kali. Di minggu pertama saya tugas sandwich, di jumat kedua saya tugas fruit/cake/biscuit. Maaak.. Takuuut.. Nanti kalo ga enak gimana? Sandwich buat orang2 yang lidahnya biasa makan sandwich berbagai jenis dan citarasa.. Untungnya ada resep dari Charis yang jadi acuan.. Gini sarannya (di antara beberapa saran resep lainnya):

Sandwiches:

3 kinds of basic sandwiches can be made.

1. Cold meat sandwich

  • 8-10 slices of cold meat [ham, turkey, chicken] $2-3 dollars
  • A loaf of bread $1.50
  • Sliced tomatoes or sliced cucumbers/ lettuce $2
  • Mayonnaise [optional]
  • Butter/margerine
  • Cheese slice[optional]

Cut the sandwich into half [important!]

 

2. Tuna/Salmon

  • A can of 180g tuna [$1.50]
  • Small Red onions chopped finely [$0.50]
  • Lime juice from 1 lime [$0.50]
  • Mayonnaise[ MUST HAVE]
  • Butter/margarine
  • A loaf of bread $1.50

          Combine first 4 ingredients well.

          Spread on buttered bread

          Cut the sandwiches into half.

 

3. Egg sandwiches

  • 10 Eggs [hardboiled for 12 minutes and peeled] $2.50
  • Mayonnaise[ MUST HAVE]
  • Butter/margarine
  • A loaf of bread $1.50s
  • Salt and pepper to flavour

          Mash eggs and add salt and pepper. Mix with mayonnaise.

          Spread on buttered bread

          Cut the sandwiches into half.

Suggestion: Adding some mashed potatoes instead of so many eggs makes the eggs stick better and last longer.

 

 

Okay,, itu resepnya. Saya suka rasa beef. Tuna kayanya ga enak, egg sandwich gimana pula rasanya yakh? Lagian kemaren pas ke Gold Coast, Megan (harusnya ‘kami’ –> belum nanya berapa kita harus patungan!) beli cold meat gitu, yang tipis2 itu loh..dah mateng.. Jadi gausah repot2 mem-bbq.. Nah karena saya terbantu familiarized sama sandwich semacam itu, saya langsung googling tentang ham sandwich. Gimana harusnya dibikin, fillingnya apa aja, n gimana biar enak.. Hehehe..sebenarnya sama aja sama sarannya Charis, tapi jadi lebih pede aja membanding-bandingkan cara penyajiannya. Saya bilang ‘cara penyajian’, karena sebenarnya sandwich itu kan ga susah2 banget yah, cuma nyatu2in bahan.. tapi yang bikin serem the image kalo ga ada yang mau makan buatan saya, it would break my heart, hehee.. Jadi saya siap mencoba membuat yang terbaik!! Dan ada yang bikin saya terpacu: gambar desktop background saya! Ini dia gambarnya :p

the standard sandwich

the standard sandwich

Tibalah hari ini.. Saya belanja ke Coles  Sunnybank sama mba Desry. belanja 2 loafs of roti tawar, ham 1/2 kilo, keju coles, mayonnaise coles (abis stok yang saya punya, kraft, ga enak), lettuce, dan sambal abc pedas (the proper one for my tongue!), n beberapa hal lain yang ga berhubungan ma sandwich (sempet ke Yuens Asian Supermarket – beli tempe, yuukk).

Saya nyampe rumah jam 4.30pm-an.. Hehe.. langsung beroperasi di dapur.. Pertama eksperimen satu tangkup sandwich. Smua dicampur.. Hmm..tastes not bad.. at least for me.. Yah.. mungkin ga dapet respon kaya perkedel waktu itu.. tapi yang pasti kemakan lah. Kayanya sih.

To the inti, saya lanjutkan prosesnya. Potong tomat, bersihin lettuce n potong2 (saya biasanya liat orang kok rapi gitu sayurannya di dalem sandwich, jadilah saya berusaha merapikan si sayur hijau ini di sana-sini, halaaah..), buka bungkus masing-masing keju, nyiapin margarin, mayonnaise, ham, sambel (yang akhirnya cuma ditaro di dalem beberapa sandwich pertama – INFO: ORANG SINI GA ADA YANG SUKA PEDAS!).

Tadaaaa.. Setelah satu setengah jam berkolaborasi dengan bahan-bahan sandwich, saya buru-buru siap-siap, udah jam setengah 7 aja.. Di halte bus saya masih ga pede, mmh.. pada suka ga yaaa..sayurannya banyak gitu, kemana-mana, ga rapi kaya sandwich buatan anak-anak lain..

Di environment building’s room, pas saya nyampe, oang-orang dah pada makan😦 hikss.. Termakankah bawaan saya ini?? Charis kaget melihat sandwich yang saya bawa, karena makanan dah banyak banget.. Tapi gantian saya yang surprised waktu dia bilang “WOW, they look so NICE!” Apaaaaa..!!? Iyakah? Kayanya iya, abis kalimat-kalimat serupa terus mengalir selama beberapa lama, sampai si Adam bilang bahwa saya kudu buka my own restaurant, lebaiiiyyy.. Tapi it looked that they were very enjoying the sandwiches!!

Charis beberapa kali mempromosikan bahkan agak pushing anak-anak kaya gini; “you should try Melinda’s sandwich’, well I was overhearing in purpose :p Bahkan Yen n Jessica, mungkin Charis juga, ngambil lebih dari satu. I gotta say, I was really flattered!! Saya cuma makan satu, karna ada nasi goreng n pasta juga kan. Walau belum terlalu kenyang, dan saya jadi pengen ikutan menikmati sandwich sanjungan itu, saya tahan hawa nafsu. Saya pengen lihat, sandwich yang ada 22 stengah-tangkup itu habis ga.. Beberapa kali saya ngelirik ke tempat sandwich saya, huahahaaa.. kayak jaman bawa perkedel gitu, kikkikkkikk.. And it turned out: YES, IT’s PERFECTLY DONE! THE CONTAINET WAS EMPTY! Hahahaaaa.. Bagus lah,. Thank God you like it, guys.. Jadi pede nih kalo kapan-kapan dapet tugas sandwich lagi :p

*Ps: Terbukti kan saking groginya jadi pembuat sandwich, saya sampe lupa memfoto materpieces saya itu,, hiksss..

2 thoughts on “[story ’bout making sandwich]

  1. hmmm… gmnkalo posting sandwich dan karin is not jacklienne dibikin 2 posts? kpanjangan, tdnya sih mau reply yg seru, tp jdnya ngantuk kikikikik……

    rendang udah bikin? rawon?

Leave a Reply

