Are You Smarter Than A 5th-Grader?

Lightbulb Kuis ‘Masa Kalah Sama Anak Kecil’nya Helmi Yahya Terlalu Dangkal

Di kuis ini dipertandingkan antara artis-artis sebagai bintang tamu dengan anak-anak seumuran SD dalam menjawab soal. Soal-soal yang ditanyakan semuanya adalah soal-soal menyangkut pelajaran SD sehari-hari. Sehingga saat para artis itu kalah, mereka pun ‘merendah diri’ dan mulai memuji-muji bahwa anak-anak itu pintar dan lain sebagainya. Sampai ada yang berkata, “Aduh saya mah bodoh, udah lupa semua pelajaran kayak gini. Anak jaman sekarang mah pinter-pinter.” Dsb.

Yang Saya lihat, anak-anak yang tampil di acara itu semuanya diam seribu bahasa. Mereka bingung dengan apa yang sedang terjadi. Semua kejadian dan perbincangan didominasi oleh orang dewasa. Saat menang pun mereka tidak bisa berekspresi apa-apa, bahkan sekedar untuk mengangkat tangan mereka dengan gembira. Mereka menelan mentah-mentah semua yang dijejalkan kepada mereka, termasuk pujian KOSONG yang merusak mental seperti, “Aduh, anak-anak ini pinter-pinter banget…”. Anak-anak itu hanya bisa bengong. Inikah generasi penerus bangsa? Anak-anak introvert yang PINTAR BAK SEBUAH ROBOT??!!!

Dalam acara ini digembar-gemborkan tentang pendidikan, dan juga bahwa ‘Anak-anak itu adalah generasi penerus bangsa’. Oiya? Jadi artis-artis yang ‘kalah’ itu bukan generasi penerus bangsa? Padahal banyak diantara mereka yang merupakan artis-artis muda, seperti: pesinetron muda, seorang aktor di seri OB, penyanyi muda, dan lain-lain. Yang benar-benar ‘generasi penerus bangsa’ ya orang-orang muda itu. Bukan anak-anak kecil yang masih SD. Setidaknya, BELUM!

Inilah budaya bangsa kita yang harus dihapus: saat kecil dibilangnya sebagai ‘generasi penerus bangsa’, tapi saat dewasa malah kembali menunjuk anak kecil sebagai ‘generasi penerus bangsa’. Jadi siapa sesungguhnya yang akan ‘meneruskan bangsa ini’?? Sekali lagi Saya ingatkan: bukan anak-anak kecil itu yang menjadi generasi penerus bangsa. Tapi ANDA! KAMU SEMUA, YANG SEDANG BACA TULISAN INI!!! Sebelum nafas berhenti berhembus, kalianlah (para pemuda dan para orang dewasa) yang menjadi harapan dan penerus bangsa ini. Termasuk Saya.

 
Ini hasil pencarian saya di google setelah barusan menonton ‘Are You Smarter Than A 5th Grader?’ di channel 10. Hihihii..dasar ketinggalan jaman, masa saya gatau kalau ternyata TvOne udah nayangin acara yang serupa (licensed), dengan titel ‘Masa Kalah Sama Anak-Anak?’ Dan ketemu thread ini di wgaul.com.. Hmm..ga kebayang gimana programnya Mas Helmi Yahya ini..nyari di YouTube ga ada.. Konsepnya padahal bagus loh, keren ajaah.,. Tadi aja sempet nge-bengong-in.. Gmana ya kalo di TransTV ada acara kaya gini (licensed) dan bener2 set sekolahan berpapantulis hijau gitu, hihiii.. PASTI KEREN!!!
Cuma kalo denger cerita temen2 yang dah nonton..kok gitu ya? Emang ga banget atau gimana sih?? Somebody please explaiin.. Mau nanya ke forum-nya kok ya harus login dulu, hwhww..malas dakuh…
 
The 5th-Graders + Rove

The 5th-Graders + Rove

Gara-gara searching Si AYSTA5G? ini, saya jadi agak lebih aware dengan dunia aussie (halah, lebaiy).. Abis jadi ngerti siapa Rove McManus, Belinda Emmet, Tasma Walton, hehe..sampe-sampe nge-browse Kevin Rudd ajaaaa.. Eh, si Rove ini (pembawa acara AYSTA5G-nya aussie) ini keren loh, lucu, pinter, ramping, manis, dll.. Umurnya 35 (penting ya info usia).. Ngebawain acaranya asikkk banget.. Daritadi saya ketawa cekikikan nontonnya. Ternyata eh ternyata dia ni maha-selebriti di aussie (blom konfirmasi si ma temen aussie), abis punya PH sendiri (yang mengirimkan program2nya ke channel nasional, salah satunya kuis lisensi di atas), terus ada live show-nya (yang mengundang buanyaaaak artis beken kaya Keanu Reeeves, Pink, dan pak Prime Minister Australia juga.., ada juga series yang dia bintangi sendiri, wah..mungkin kaya Farhan-nya kita kali ya.. Mmm.. tapi I have to admit that si Rove lebih atraktif.. Jauh lebih atraktif..
 
 
Rove McManus

Rove McManus

Dan you know what.. dia bikin video parodi gitu soal Pak Kevin Rudd, dibikin berapa belas episode gitu, aktual pula. Jadi dia mencaplok gambar dari sana-sini (stockshot-nya KR) dan di-edit LUCU gitu, paraaaah.. Dikasih VO pula, bubble, wuaaahh,,komedi abisss,,dan menjurus ke kasar si sayangnya.. Oya, si Rove ini jadi cameo juga loh di Finding Nemo.. keren kaan.. hahaaa.. kayanya jadi groupies lagi nih.. Kapan ya Rove main ke Brisbane, kikikkkikkkikk…
*Liat dong betapa akrab-nya Rove sama pak Perdana Menteri yang sering dia ceng-in.. Dasarr..
Rudd-Mcmanus

Rudd-Mcmanus

 
 
 

4 thoughts on “Are You Smarter Than A 5th-Grader?

  1. mbak unyil, aku pernah nonton tuh acara itu. pemabawa acaranya gak ganteng (helmy yahya sama becky tumewu kadang melanie putria ganti2an yang ceweknya). ceritanya 3 artis lawan sekitar 30 anak2 kecil…pinter2 kok anak2nya. cuma ya karena pertanyaannya pertanyaan emang buat mereka alias pertanyaan anak sekolahan. jangankan artis, bapakku aja kalo aku tanyain pelajaran ku waktu SD ato SMP suka pada binun jawabnya coz udah pada lupa. Aku juga kadang lupa n gak bisa jawab…hehehe…tapi bukan berarti bodoh khan…cuma emang udah gak dipelajarin n gak didalemin aja… masanya udah beda. Sekarang kita belajarnya soal rating n share! hueekkkkk. Anak2 itu klo udah gede juga palingan lupa juga pelajaran SDnya. hehehe… segitu aja sih komennya. Mungkin yang perlu di komentarin lebih jauh soal merendahnya artis2 itu pas lagi kalah sama anak2 itu,… oon beneran kali… hahaha… ;p

  2. oya? hmm.. masi tayang ga sha?? kalo ngeliat program aussi-nya si bagus banget.. kemasan ‘kita’-nya aja kali ya.. mungkin juga karna anak2nya ga ekspresif.. dan kalo ga artis ga bakal laku juga (salah satu kelemahan audience kita ni kayaknya, ga ada artis ga gw makan program luu), jadi ya gitu, gregetnya cuma karna si artis, dan dia sangat amat menjaga figur positif-nya dengan ngomong puja-pujaan itu.. Kalo aslinya, (misalnya kalah), si peserta (yang bisa aja bekerja sebagai polisi, dll – ga slalu artis) harus maju n ngomong ke kamera “My name is A, I work as a B, and I am not smarter than a 5th grader”. hihii.. keren deh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s